Thursday, December 6, 2007

Merawat Rambut Bagi Jilbaber

Membaca sebuah tabloid wanita nasional terbitan grup penguasa media di Jawa Timur, saya mendapati sebuah artikel penting tentang perawatan rambut bagi perempuan berjilbab. Satu hal yang seringkali luput dari pengamatan kaum perempuan yang memang mengenakan jilbab dalam kesehariannya. Padahal, bagaimanapun juga, meski selalu tertutup oleh hijab, rambut tetap menjadi mahkota bagi perempuan.

Pertama, yang harus dilakukan adalah rajin-rajin keramas. Bagi perempuan berjilbab, sebaiknya mencuci rambut 3-4 kali dalam seminggu menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut. Jangan lupa gunakan setum anti rontok seperti hair tonic. Ini karena rambut yang tertutup jilbab rawan mengalami kerontokan. Untuk rambut kering, tambahkan vitamin. Sementara untuk rambut berminyak, sebaiknya hindari sampo 2in1. Lebih baik gunakan conditioner secara terpisah di ujung helai rambut.

Kedua, gunakan sisir bergigi jarang setelah keramas. Jangan gunakan sikat gigi sebab akan semakin menyebabkan rambut rontok.

Ketiga, keringkan rambut secara alami. Kalaupun terpaksa menggunakan hair dryer, gunakan pada jarak 20 centimeter dari kulit kepala dengan suhu terendah.

Keempat, sebaiknya jangan membiarkan rambut tumbuh terlalu panjang. Kalau ingin memiliki rambut panjang, sebaiknya tidak lebih dari 60 centimeter. Bagi yang berambut panjang, usahakan rambut selalu dalam keadaan terurai saat tidak mengenakan jilbab di dalam rumah, sehingga rambut bisa bernapas. Bila terpaksa mengikat, jangan gunakan ikat rambut yang terlalu kencang.

Kelima, pilih kerudung yang terbuat dari bahan berpori dan tidak terlalu tipis. Hindari warna gelap yang menyerap panas sehingga menyebabkan kulit kepala semakin lembab. Selain itu, pemakaian kerudung sebaiknya dilepas hingga menutup dada untuk optimalisasi ventilasi. Model jilbab yang ujung-ujungnya dililitkan pada leher memang rapi dan trendi. Tapi kelemahannya jika terlalu kencang akan membuat rambut sulit bernapas dan kulit kepala menjadi sangat lembab, sehingga memperbesar kemungkinan rambut rontok.

Sedikit komentar dari saya, tips nomor lima ini tampaknya sangat sesuai dengan firman yang terdapat dalam Q.S Al Ahzab : 59
Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: ”Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”.
Satu bukti bahwa ayat Allah selalu memberi manfaat bahkan sampai hal terkecil sekalipun, seperti masalah kerontokan rambut, bagi umat-Nya, bukan? Wallahualam bishawab.

Terakhir, makan makanan bergizi sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala.

Semoga bermanfaat... (^_^)

No comments:

Post a Comment