Monday, June 18, 2007

Tips Begadang

Begadang jangan begadang
Kalau tiada akhirnya
Begadang boleh saja
Asal ada batasnya

Penggalan lirik lagu karya Rhoma Irama di atas benar dan berlaku bagi saya. Begadang adalah sesuatu yang harus dihindari karena mengakibatkan kengantukan keesokkan harinya. Oleh karenanya, kecuali untuk main kartu dan bergosip bersama teman kos,saya tidak akan pernah melakukan satu aktivitas yang disebut dengan begadang.

Akan tetapi, beberapa waktu belakangan, dengan amat terpaksa saya melanggar prinsip saya tersebut. Bagaimana tidak, saya harus menyelesaikan skripsi sebagai persyaratan kelulusan dari universitas tak lebih dari 10 hari, sementara, saya merasa apa yang saya kerjakan selama ini masih jauh dari sempurna. Akhirnya dengan tekad bulat saya memutuskan untuk begadang sampai pagi demi skripsi saya.

Ada beberapa hal yang harus saya lakukan sebelum saya memulai begadang.

1. Mandi lebih sore. Biasanya saya mandi setelah pukul tujuh malam. Menyegarkan memang mengingat malam hari di Surabaya sangat panas. Namun efek yang dihasilkan adalah rasa kantuk yang luar biasa. Jadi agar mata tetap terjaga dan rasa kantuk tidak melanda, saya harus mandi lebih awal. Yah jam kira-kira jam tujuh kurang lima atau kurang sepuluh menit.

2. Ganti makan malam dengan makan sore. Waktu makan malam yang afdhol bagi saya adalah pukul delapan atau sembilan malam. Selain bisa menjadikan tubuh lebih berisi, makan (benar-benar) malam juga menimbulkan efek kantuk, sama halnya dengan mandi malam. Oleh karena itu makan malam harus dihindari dan diganti dengan makan sore, agar mata tetap melek dan program begadang berjalan sukses.

3. Siapkan beberapa makanan ringan yang tidak mengenyangkan sebagai teman begadang. Mie gelas, biasanya menjadi teman terbaik saya untuk begadang. Bagi yang mudah merasa kenyang, sebaiknya hindari mie sebagai camilan.

4. Siapkan minuman yang bisa membuat mata melek. Kalau saya biasanya menyediakan moccacino atau kopi instant lain sebagai pendamping makanan ringan. Kafein dalam kopi akan membuat mata tetap terjaga. Meskipun efek samping kafein tidak berlaku bagi saya, tapi rasa mulas yang dihasilkan setelah minum kopi instant menghalangi rasa kantuk saya.

5. Satu lagi. Coklat. Saya tidak tahu zat apa yang ada di dalam coklat, namun coklat membuat saya merasa lebih bersemangat dan tidak mengantuk lagi. Mungkin karena rasanya yang enak membuat saya ketagihan untuk terus makan dan tidak rela meninggalkan, bahkan untuk sekedar menutup mata. Oh, ya satu informasi, coklat tidak menimbulkan kegemukan, jadi jangan khawatir untuk mengkonsumsi coklat sebanyak-banyaknya, terutama dark coklat. Bagi yang tidak memiliki dompet cukup tebal untuk membeli coklat bermerk, coklat blok yang biasa digunakan sebagai bahan pembuat kue sah-sah saja untuk dimakan. Enak kok. Irit lagi.

Selamat begadang….

No comments:

Post a Comment